Tuesday, August 24, 2010

Video Usaha Budidaya Lobster Air Tawar


Peluang Usaha Budidaya Lobster Air Tawar . Budidaya lobster air tawar (Cherax sp.) mulai berkembang sejak tahun 2000. Hewan ini bisa memijah secara alami atau tidak perlu pemijahan secara buatan. Karena itu budidaya ini berkembang cukup pesat, dan saat ini sudah berdiri sentra budidaya di beberapa propinsi, seperti Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta dan Jawa Timur.Bagai mana cara budidayanya ?



Pemeliharaan induk dilakukan dalam bak fibre atau bak beton. Caranya, siapkan bak fibre glass atau bak beton berukuran panjang 2 m, lebar 1 m dan tinggi 1 m; keringkan selama 3 – 5 hari; isi air setinggi 30 – 35 cm; masukan pelindung berupa potongan pipa paralon berdiameter 4 inchi dengan panjang 15 - 20 cm; tebar induk sebanyak 10 – 15 ekor/m2 (jantan dan betina terpisah); beri pakan setiap hari berupa pelet udang dengan diameter 1 mm dan panjang 3 mm sebanyak 2 – 4 butir/ ekor; pemeliharaan induk dilakukan selama 2 – 3 minggu dan setiap tiga hari air diganti ½ bagiannya.

Berikut Video Budidaya Lobster Air Tawar :

1. Budidaya Lobster Part 1


2. Budidaya Lobster Part 2


3. Budidaya Lobster Part 3


4. Kiat Sukses Budidaya Lobster


Selamat Mencoba

5 comments:

  1. kami disini msh awam tntang budidaya lobster air tawar...tlong d beri petunjukx ntuk lobster air tawar

    ReplyDelete
  2. Jutaan terima kasih buat bapa kerna memaparkan rencana ini buat tatapan bakal2 pembudidaya dan memberi informasi yang amat berguna untuk semua.
    Saya dari Malaysia amat berminat utk membudidayakan LAT, tetapi informasi dan terutama bibit LAT agak sukar untuk diperolehi disini. walaubagaimanapun semoga bapa sekalian sukses didalam membudidayakan LAT. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Menarik untuk dicoba budidaya losternya.

    ReplyDelete
  4. terimah kasih atas saya seorang guru sd ingin membudidayakan lobster sekaligus bisa menularkan pada siswa-siswi kami.
    sekali lagi terimaksih semoga sukses selalu. amin

    ReplyDelete
  5. Minat membudidaya LAT Pak Cun-cun. Bagaimana saya bisa dapatkan bibit / anakan dan induk LAT tersebut ? boleh minta alamat tempatnya ya Pak. Boleh tolong hubungi saya 081269339999 saya Pak Akien dari Aceh. Terima kasih.

    ReplyDelete